Selasa, 31 Maret 2009

Handphone Berkamera 5 Megapixel


Kemajuan teknologi dalam produk seluler, kini telah meningkatkan kualitas kamera di dalam ponsel. Ketajaman gambar serta besarnya resolusi kamera hingga 5 megapixel telah meredifinisi makna ponsel. Apakah ini ponsel berkamera, atau kamera dengan fitur ponsel ? Dalam rubrik Compare Techno ini akan kita sigi 3 ponsel dengan kamera beresolusi 5 megapixel. Mana diantara ketiganya yang paling cocok untuk Anda. Berikut laporannya…
Kemajuan teknologi telepon seluler (ponsel), dari hari ke hari kian canggih. Bila awalnya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi suara dan pesan (SMS), kini sebuah ponsel sudah dilengkapi dengan kamera digital. Bahkan kemampuan dan kualitas ponsel dalam merekam sebuah objek, sudah hampir setara dengan kamera digital pada umumnya. Dan kini persaingan dalam industri ponsel di tanah air sudah memasuki era kamera ponsel 5 mega pixel. Dengan kapasitas tersebut, sulit membedakan hasil jepretan handphone kamera dengan kamera digital pada umumnya.
Memasuki kuartal pertama tahun 2008, vendor-vendor handphone kenamaan telah membanjiri pasar dengan ponsel berkamera 5 mega pixel. Nokia meluncurkan seri N82, LG mengenalkan smartphone KU990 Viewty, sementara pabrikan Sony Ericsson mengusung seri K850i. Bisa dibilang, untuk saat ini kamera ponsel 5 mega pixel adalah kualitas tertinggi yang ada di pasaran.
Sebagai pemimpin pasar ponsel dunia, pabrikan asal Finlandia meluncurkan Nokia seri N82 sebagai jawaban atas tingginya tuntutan pengguna ponsel berkamera. Menurut Dendi Hartadi, Product Specialist Manager Global Teleshop, Nokia seri N82 punya kelebihan dibanding seri-seri nokia sebelumnya. Dengan kapasitas 5 mega pixel, kualitas gambar yang dihasilakan lebih baik dan lebih detil. Berkat lensa Carl Zeis, memiliki kemampuan menangkap cahaya dengan baik.
Masih dijajaran smartphone, vendor asal Korea LG, tahun ini mengenalkan produk mutakhirnya LG KU990 Viewty. Failitas kamera pada produk ini merupakan salah satu fitur yang menjadi unggulan. Berbekal kekuatan lensa 5 mega pixel, kualitas gambar yang dihasilakn sekualitas kamera digital. Dengan pilihan ISO setting hingga 800, objek dalam kegelapan bisa titangkap dengan jelas. Apalagi ditunjang dengan lampu xenon flash sangat membantu untuk pemotretan dalam keadaan kurang cahaya.
Tidak mau kalah dengan Nokia dan LG, dijajaran ponsel berkamera 5 mega pixel, Sony Ericsson juga mengeluarkan seri K850i. Dengan mengadopsi teknologi kamera digital Sony Cyber-shot, jadi bekal memuaskan bagi penggemar fotografi. Pada seri terbarunya ini Sony Ericsson melengkapi fitur fotografi layaknya kamera digital. Ada eye red redustion, macro, hingga pengaturan ISO untuk menyesuaikan pencahayaan.
Kemajuan teknologi ponsel berkamera ini dibenarkan oleh pemerhati gadget sekaligus Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, Heru Sutadi. Bahkan menurutnya, kedepan tidak menutup kemungkinan kapasitas resolusi kamera diponsel bisa lebih dari 5 megapixel sehingga kualitas dan ketajaman gambar bisa lebih baik lagi.
Resolusi tinggi serta xenon flash, kini menjadi standar baru bagi kamera berponsel. Pada Nokia N82, kelebihan lainnya adalah mampu mengabadikan objek dalam posisi apapun, baik vertikal maupun horizontal, tidak akan terbalik karena ia memiliki sensor gravitasi. Kelengkapan fitur ini, menurut Dendi, sebenarnya juga terdapat dalam seri pendahulunya, yaitu Nokia N95.
Bila Nokia mengandalkan fitur sensor gravitasi, maka LG KU990 Viewty dilengkapi dengan fasilitas image stabilizer. Dengan fitur tersebut, handphone berlayar sentuh ini dapat mengabadikan objek dari mobil atau kereta sekalipun, dengan objek yang dihasilkan tetap fokus atau tidak buram.
Menghadapi kedua pesaingnya, Sony Ericsson K850i punya fitur multishot. Pada menu best pic, handphone ini sudah menerapkan fasilitas zoom hingga 16 kali, dan kemampuan multishot 9 kali. Tentu dengan kedua fitur tersebut, kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera ini sangat jernih, baik ketika di layar maupun setelah ditransfer ke komputer.
Kelengkapan fitur dan kualitas gambar yang dihasilkan oleh handphone berkamera ini boleh dibilang hampir se-level dengan kamera digital pada umumnya. Meski demikian, menurut Heru, masing-masing baik ponsel berkamera maupun kamera digital, punya kelebihan dan kekurangan.
Persaingan antar vendor ponsel dalam mengembangkan teknologi kamera, merupakan keuntungan bagi konsumen. Dengan begitu, konsumen dalam memilih produk seluler mana yang mereka anggap paling baik dan sesuai dengan kebutuhannya.
Bagaimana pemirsa, kelengkapan fitur kamera pada ketiga ponsel tadi sama lengkap dan kualitas sama-sama bagus bukan ? Berkat lampu xenon flash dan pengaturan ISO, dapat menghasilkan gambar yang terang, sekalipun dalam kegelapan.
Komentar : Handphone atau sering kita sebut ( HP ) ini sangat penting sekali karena kit adapt berkomunikasi jarak jauh dan seperti halnya laptop kita juga bisa mendapatkan informasi dari HP ini dari Internet. Selain itu juga HP yang sekarang ini dapat memakai Kamera yang jelas dan baik seperti kamera Digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar